Pakistan bebaskan 337 tahanan India

Minggu, 25 Agustus 2013 - 23:46 WIB
Pakistan bebaskan 337 tahanan India
Pakistan bebaskan 337 tahanan India
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Pakistan membebaskan 337 tahanan India yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Media lokal melaporkan, langkah ini merupakan isyarat baik bagi normalisasi hubungan kedua negara.

Menurut laporan Xinhua, semua tahanan India yang dibebaskan ini telah menyelesaikan hukuman penjara mereka dan diserahkan kepada pejabat India di perbatasan Wagah, persimpangan antara kota Lahore di timur Pakistan dan Kota Amritsar, India.

Setidaknya 329 tahanan dibebaskan dari penjara Malir, sementara delapan anak di bawah umur dibebaskan dari Penjara anak-anak di Kota Landhi. Semua tahanan yang dibebaskan, kemudian dibawa ke Lahore dengan menggunakan delapan bus, Sabtu (24/8/2013).

Sebelumnya dalam sebuah pernyataan pada pertengahan pekan lalu, Kementerian Dalam Negeri Pakistan mengumumkan akan merilis 365 tahanan India, sebagai isyarat niat baik. Tetapi kemudian, jumlah itu menjadi 337, tanpa mengumumkan alasannya.

Pakistan dan India secara rutin melakukan penangkapan dan memenjarakan nelayan dari masing-masing negara tetangga, setelah mereka keliru melanggar batas wilayah. Tidak ada batas maritim antara kedua negara dan kedua negara telah mengadakan serangkaian pembicaraan namun tidak ada kesepakatan yang tercapai.

Menurut Kementerian Luar Negeri Pakistan, setidaknya ada 485 warga Pakistan yang saat ini mendekam di penjara India, termasuk 172 nelayan dan 313 warga sipil lainnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5173 seconds (0.1#10.140)