Israel lanjutkan pembangunan pemukiman, perundingan damai terancam gagal

Selasa, 13 Agustus 2013 - 20:58 WIB
Israel lanjutkan pembangunan...
Israel lanjutkan pembangunan pemukiman, perundingan damai terancam gagal
A A A
Sindonews.com - Yasser Abed Rabbo, seorang pejabat senior Palestina mengatakan, perundingan damai antara Israel-Palestina terancam gagal, setelah Israel bersikeras melanjutkan rencana pembangunan permukiman di wilayah sengketa.

"Perluasan permukiman itu bertentangan dengan janji pemerintah Amerika Serikat dan mengancam gagalnya negosiasi perundingan damai," ungkap Abed Rabbo kepada AFP.

"Perluasan pemukiman ini belum pernah terjadi sebelumnya. Dan, ini tentu saja mengancam suasana perundingan. Rencana ini mungkin saja dapat menggagalkan perundingan damai, bahkan sebelum dimulai," Abed Rabbo.

Komentar itu datang setelah Pemerintah Israel menyetujui pembangunan dengan total lebih dari 2.000 unit pemukiman di wilayah Yerusalem timur dan Tepi Barat. Persetujuan itu sendiri terjadi di hari-hari terakhir jelang dimulainya kembali babak baru perundingan Israel dan Palestina.

Langkah mengejutkan terbaru yang dilakukan Israel datang dari Pemerintah Kota Yerusalem. Mereka menyetujui pembangunan 942 unit pemukiman baru untuk digabungkan dengan wilayah Yerusalem timur, Selasa (13/8/2013). Ratusan unit pemukiman baru tersebut bukan bagian dari 1.000 rumah yang sebelumnya telah disetujui oleh Pemerintah Israel pada akhir pekan kemarin.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)