Esktrimis Nigeria tembak mati 44 jamaah Masjid

Selasa, 13 Agustus 2013 - 18:20 WIB
Esktrimis Nigeria tembak mati 44 jamaah Masjid
Esktrimis Nigeria tembak mati 44 jamaah Masjid
A A A
Sindonews.com - Ekstrimis Islam diduga kuat menjadi dalang di balik penembakkan terhadap 44 jamaah sebuah masjid di wilayah timur Nigeria, Minggu (11/8/2013). Serangan itu diyakni sebagai serangan balasan atas bantuan warga yang membantu militer Nigeria melawan kelompok militan Islam Boko Haram, pemberontak ekstrimis Nigeria.

"Sejumlah pria bersenjata yang diyakini sebagai anggota kelompok Boko Haram masuk ke dalam mesjid dan menembaki para jemaaah, sebanyak 44 orang diantara mereka dilaporkan tewas," ungkap seorang pejabat senior Nigeria yang enggan namanya disebutkan.

"Kami yakin serangan itu terkait dengan bantuan penduduk lokal yang membantu militer mengidentifikasi dan menangkap anggota Boko Haram yang bermukim di antara mereka," terang pejabat itu.

Seorang pejabat lokal setempat lainnya menambahkan, serangan itu terjadi sehari setelah pemberontak Boko Haram menembak mati 12 orang di Desa Ngom, Distrik Mafa, Sabtu (10/8/2013) malam. Sejumlah warga mengatakan, para pelaku penyerangan mencoba mengecoh penduduk. Mereka mengunakam seragam tentara Nigeria saat melancarkan serangan.

Aksi kekerasan meningkat di sejumlah wilayah di Nigeria, setelah militer Nigeria melancarkan serangan di wilayah timur yang bertujuan untuk mengakhiri aksi pemberontakan. Dalam beberapa minggu terakhir, militer telah mendorong terbentuknya kelompok penduduk lokal untuk mencari, mengidentifikasi, dan menangkap anggota Boko Haram.

Pemerintah Nigeria telah menyatakan Boko Haram sebagai kelompok teroris dan menyatakan keberadaan kelompok itu terlarang di Nigeria, Selasa (4/6/2012). Dengan adanya larangan tersebut, maka setiap orang yang terkait dengan aktivitas kelompok itu secara hukum dapat dituntut dan dijatuhi hukuman denda.

Larangan tersebut juga berlaku pada dua kelompok Boko Haram, Jamaatu Ahlis-Sunna Liddaawati Wal Jihad dan kelompok Jama'atu Ansarul Muslimina Fi Biladis Sudan. Boko Haram bercita-cita mendirikan negara Islam di Nigeria. Guna mencapai tujuan mereka, pejabat keamanan dan umat Kristen Nigeria, serta penduduk muslim seringkali menjadi target serangan Boko Haram.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5338 seconds (0.1#10.140)