Pendukung Morsi kembali turun ke jalan

Senin, 05 Agustus 2013 - 21:24 WIB
Pendukung Morsi kembali turun ke jalan
Pendukung Morsi kembali turun ke jalan
A A A
Sindonews.com – Ribuan pendukung Presiden Mesir terguling, Mohamed Morsi, kembali turun ke jalan-jalan di pusat Kota Kairo, Senin (5/8/2013). Mereka menyerukan dikembalikannya kekuasaan Morsi dan mengecam Komandan militer Mesir yang mengkudeta Morsi.
Seperti dilaporkan Reuters, para pendukung Morsi yang berasal dari kalangan Muslim itu meneriakkan nama pemimpin mereka. Demonstran pro Morsi juga meneriakkan kata-kata, "Kami bukan teroris", sambil melambaikan gambar dan foto pemimpin mereka.

Beberapa demonstran menyemprotkan grafiti di dinding dan patung-patung. Mereka juga mengecam Komandan militer Mesir, Jenderal Abdel Fattah al-Sisi, yang memimpin penggulingan Mursi pada 3 Juli silam. Pendukung Morsi menyebut al-Sisi sebagai seorang pembunuh dan pengkhianat.

Ribuan pendukung Morsi ini memenuhi jalan hingga beberapa blok. Pasukan keamanan tidak bersikap reaktif dan coba membubarkan kerumunan demonstran ini. Meski begitu, aksi protes ini menunjukkan, bahwa ketegangan masih sangat tinggi di Mesir, satu bulan setelah Morsi dilengserkan.

Salah satu pengunjuk rasa, Mohamed Mustafa (28), mahasiswa di Universitas Kairo, mengatakan kepada Reuters, bahwa ia tetap menganggap Morsi sebagai Presiden Mesir. “Presiden kami adalah Mohamed Mursi. Dia kehendaki oleh rakyat. Dia akan menyelesaikan kepresidenannya. Pertarungan ini belum berakhir. Morsi akan kembali," ujarnya.
Mahmoud Isuafi, seorang pengusaha dari Kota Mansoure, Delta Nil, juga ambil bagian dalam demo kali ini. Ia menggenggam Al-Quran di tangan kanan dan foto Morsi di tangan kiri. "Militer datang dan mencuri negara kita, mereka mencuri segalanya. Saya menginginkan demokrasi. Di mana suara saya? Saya bisa tidak lagi memilih pemimpin saya, jadi sebagai gantinya saya melayangkan protes,” tegasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6875 seconds (0.1#10.140)