AS mata-matai warganya pakai satelit

Sabtu, 03 Agustus 2013 - 11:47 WIB
AS mata-matai warganya...
AS mata-matai warganya pakai satelit
A A A
Sindonews.com – Bekas analis National Security Agency (NSA) atau Badan Keamanan Nasional AS, Russell Tice, mengatakan, pemerintah AS telah menggunakan satelit untuk memata-matai warga AS. Pengintaian rahasia itu untuk mengumpulkan setiap komunikasi digital di AS.

”Amerika Serikat pada waktu itu, menggunakan satelit untuk memata-matai warga Amerika. Kala itu, (data mata-mata) itu menjadi sumber berita di Departemen Luar Negeri,” katanya dalam sebuah wawancara dengan PBS, seperti dikutip Press TV, Sabtu (3/8/2013).

”Ini (mata-mata dengan satelit) dilakukan antara tahun 2002-2003. NSA menargetkan individu. Salah satu yang jadi target adalah hakim di Mahkamah Agung. Saya (terlibat) di balik penyadapan informasi dari ponsel Hakim Alito, staf dan keluarganya,” ujar Tice.

Tice yang bekerja sebagai seorang analis di NSA selama dua dekade, dipecat pada 2005, setelah meminta Kongres untuk memberikan perlindungan yang lebih besar bagi pelapor (mata-mata). Dia juga mengungkap komunikasi terakhirnya dengan rekan-rekannya di NSA.

”Dua bulan yang lalu, saya menghubungi beberapa kolega di NSA. Kami melakukan pertemuan kecil, dan muncul pertanyaan, apakah NSA mengumpulkan semuanya itu sekarang? Dan jawabannya, ya mereka mengumpulkan segala sesuatu, kata demi kata, segala sesuatu dari setiap komunikasi domestik di negeri ini,” beber Tice.

Program mata-mata AS menjadi heboh, setelah mantan kontraktor NSA, Edward Snowden, 30, membocorkan data penyadapan AS ke media. Snowden yang diburu pemerintah AS, kini berada di tempat yang aman, di Rusia, setelah mendapat suaka dari pemerintah Vladimir Putin.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6106 seconds (0.1#10.140)