Prancis tuntut Pemerintah Mesir bebaskan Morsi

Selasa, 30 Juli 2013 - 20:53 WIB
Prancis tuntut Pemerintah Mesir bebaskan Morsi
Prancis tuntut Pemerintah Mesir bebaskan Morsi
A A A
Sindonews.com - Menteri Luar Negeri Prancis, Laurent Fabius bergabung dengan masyarakat internasional menuntut pembebasan mantan Presiden Mohammed Morsi yang kini masih ditahan militer Mesir, setelah dikudeta.

"Kami mengutuk aksi kekerasan yang terus berlangsung di Mesir dan kami menyerukan dialog untuk pembebasan Mantan Presiden Morsi," ungkap Fabius kepada sejumlah wartawan.

"Situasinya saat ini sangat kristis. Kami menantang aksi kekerasan dan menyerukan pembebasan tahanan politik, termasuk mantan Presiden Morsi," imbuh Fabius.

Tuntutan itu datang, setelah Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton, hari ini melakukan perjalanan ke Mesir. Dalam kesempatan itu, Ashton mengadakan pembicaraan selama dua jam bersama Morsi dan menekan kelompok pro dan anti-Morsi untuk mengakhiri pertumpahan darah.

Pasalnya, sepekan setelah Morsi dilengserkan pada 3 Juli 2013 lalu, tercatat lebih dari 50 orang pendukungnya terbunuh dalam kekerasan di Mesir. Sebuah sumber mengatakan kepada AFP, bahwa Ashton telah meninggalkan Kairo dengan sebuah helikopter militer pada Senin malam, untuk menuju ke lokasi penahanan Morsi yang dirahasiakan.

Ashton terakhir berkunjung ke Mesir pada 17 Juli 2013 lalu. Kala itu, ia menyerukan pembebasan Morsi. Juru bicara UE, menolak memberikan informasi, di mana pembicaraan dua jam itu berlangsung. Seperti diketahui, keberadaan Morsi masih misterius, sejak ia dilengserkan dari kursi presiden oleh militer Mesir 3 Juli 2013 lalu.

Teranyar, pengadilan Mesir memerintahkan Morsi untuk ditahan selama 15 hari ke depan untuk penyelidikan dugaan persengkokolan dengan Hamas saat revolusi Mesir 2011. Keputusan itu memicu kemarahan massa loyalis Morsi dengan menggelar demonstrasi besar-besaran yang berujung pada tewasnya ratusan massa pro-Morsi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6321 seconds (0.1#10.140)