Presiden Panama ingin pulangkan awak kapal Korut

Sabtu, 27 Juli 2013 - 02:17 WIB
Presiden Panama ingin pulangkan awak kapal Korut
Presiden Panama ingin pulangkan awak kapal Korut
A A A
Sindonews.com – Presiden Panama, Ricardo Martinelli, mengatakan pada Jumat (26/7/2013), bahwa ia ingin menjalin "semacam kesepakatan" untuk memungkinkan 35 awak kapal Korea Utara (Korut) yang ditangkap aparat Panama, bisa dipulangkan.

Mereka yang ditahan adalah awak kapala berbendera Korut, Chong Chon Gang. Kapal ini ditahan oleh aparat Panama karena kedapatan membawa kargo berisi peralatan militer dari Kuba. Para awak kapal ini menghadapi anacaman maksimal 6 tahun penjara.

“Para kru akan menghadapi suatu proses di sini, di Panama," kata Martinelli pada saluran televisi Telemetro. "Saya pikir pada akhirnya dan diplomatis, orang harus mencari beberapa jenis perjanjian untuk memulangkan mereka ke Korea Utara," lanjutnya.

Selama ini, Panama dan Korut tidak memiliki hubungan diplomatik. Pemerintah Korut sendiri sudah meminta agar kapal Chong Chon Gang dilepaskan. Sebab menurut Korut, pengiriman senjata dari Kuba ke Panama sudah sesuai dengan perjanjian antara kedua negara.

Saat ini, Pemerintah Panama sedang menunggu kedatangan tim ahli PBB pada 5 Agustus mendatang untuk mengevaluasi senjata yang diangkut kapal Chong Chon Gang dan menentukan apakah Pyongyang atau Havana telah melanggar sanksi PBB.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7531 seconds (0.1#10.140)