Kamboja siap gelar pemilihan parlemen

Jum'at, 26 Juli 2013 - 22:32 WIB
Kamboja siap gelar pemilihan parlemen
Kamboja siap gelar pemilihan parlemen
A A A
Sindonews.com – Kamboja siap menggelar pemilihan parlemen kelima di negara itu pada Minggu (28/5/2013). Demikian dinyatakan oleh Komisi Pemilihan Nasional (NEC), Jumat (26/7/2013).

"Kami sudah siap untuk pemilu pada Minggu," ujar Tep Nytha, Sekjen NECl, dalam sebuah konferensi pers. "Pejabat NEC siap untuk bekerja di semua TPS dan pasukan keamanan siap untuk disebarkan di stasiun-stasiun untuk memastikan keamanan dan ketertiban umum," lanjutnya.

Delapan partai politik akan bersaing untuk kursi di 123 kursi di parlemen. Di antara partai itu terdapat dua partai utama, yakni Partai Rakyat Kamboja dan Partai Penyelamatan Nasional. Partai Rakyat Kamboja dipimpin oleh Perdana Menteri hun Send an kubu oposisi di pimpin oleh Sam Rainsy.

Nama terakhir ini baru saja menginjakan kaki kembali di Kamboja, setelah tinggal hampir empat tahun di pengasingan, di Perancis untuk menghindari hukuman penjara 11 tahun atas tuduhan disinformasi dan perusakan properti publik. Rainsy kembali ke Kamboja, setelah Raja Norodom Sihamoni memberikan pengampunan padanya atas permintaan Hun Sen.

Enam partai lainnya adalah Partai Funcinpec royalis yang dipimpin oleh Putri Norodom, Arun Rasmey, kemudian Liga untuk Demokrasi, Partai Kebangsaan Kamboja, Partai Republik Demokrat, Partai Anti-Kemiskinan Khmer, dan Partai Pembangunan Ekonomi Khmer.

Menurut NEC, sekitar 9.6 juta pemilih akan memberikan suara mereka di 19 ribu TPS. Sekitar 40 ribu pengamat nasional dan 291 pemantau internasional juga telah terdaftar di NEC untuk mengamati langsung pemilu kali ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6273 seconds (0.1#10.140)