Biksu Tibet tewas usai bakar diri

Minggu, 21 Juli 2013 - 21:34 WIB
Biksu Tibet tewas usai bakar diri
Biksu Tibet tewas usai bakar diri
A A A
Sindonews.com - Kunchok Sonam (18), seorang biksu di Tibet tewas setelah melancarkan aksi bakar diri di luar biara di Prefektur Aba, bagian dari provinsi Sichuan, China barat, Sabtu (20/7/2013). Demikian dilaporkan Radio Free Asia, mengutip laporan penduduk setempat, Minggu, (20/7/2013).

"Sambil menangis dan dalam kedaan terbakar, Sonam berteriak 'demi kebebasan Tibet' ," ungkap penyiar Radio Free Asia. Sejumlah teman biksu yang menyaksikan aksi nekat Sonam, mencoba menghalangi polisi yang berusaha menjangkau Sonam.

Sonam akhirnya tewas seketika, setelah melancarkan aksinya.Aksi bakar diri itu merupakan yang pertama setelah lima pekan terakhir.

Aksi bakar diri menjadi sebuah cara bagi beberapa orang untuk meluapkan kekesalan pada Pemerintah China. Banyak orang Tibet menuduh Pemerintah China memberlakukan penindasan agama dan mengikis budaya Tibet.

Mayoritas warga China yang berasal dari etnis Han dan menganggap telah mengekspansi daerah-daerah yang bernilai historis bagi warga Tibet. Sejak 2009, dilaporkan lebih dari 110 orang telah membakar diri mereka sendiri sebagai bentuk protes terhadap aturan pemerintah China.

Dari jumlah itu, 85 di antaranya telah meninggal dunia. Pemerintah China sendiri telah mengecam aksi bakar diri ini dan menyalahkan Pemimpin Spiritual Tibet, Dalai Lama, yang dianggap telah mendorong warga Tibet untuk melakukan aksi tragis ini.

Seorang pejabat China, Padma Choling, mengaku memiliki bukti dan menuduh Dalai Lama telah memberikan uang untuk mendorong orang melakukan aksi bakar diri. Choling juga mengaku memiliki bukti, kalau Dalai Lama telah melakukan penghasutan agar warga Tibet melakukan aksi nekat itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3320 seconds (0.1#10.140)