Bom sepeda tewaskan 2 warga Afghanistan

Selasa, 16 Juli 2013 - 17:04 WIB
Bom sepeda tewaskan 2 warga Afghanistan
Bom sepeda tewaskan 2 warga Afghanistan
A A A
Sindonews.com - Sebuah bom yang terpasang di atas sebuah sepeda meledak di Ibu Kota Jalalabad, Provinsi Nangahar, Afghanistan, Selasa (16/7/2013) pagi. Pejabat pemerintah Nangahar mengatakan, ledakan itu menewaskan dua warga sipil.

"Sebuah bom rakitan yang direkatkan pada sepeda, meledak pukul 7 pagi di Pul-e-Behsud. Akibatnya, dua orang tewas, sementara tiga orang lainnya menderita luka-luka," ungkap Pejabat pemerintah Nangahar.

"Korban luka-luka segera dilarikan ke rumah sakit di Kabul, mereka hanya menderita luka ringan," terang Pejabat itu.

Hingga kini, belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ini. Tapi, Pejabat pemerintah Nangahar menyalahkan gerilyawan Taliban, kelompok yang sering menggunakan bom pinggir jalan untuk melumpuhkan pasukan asing pimpinan Amerika Serikat dan tentara Pemerintah Afghanistan.

Masih kerap terjadinya aksi kekerasan membuat sejumlah pihak khawatir tentang kondisi keamanan negara itu pasca penarikan pasukan asing pada 2014 mendatang. Banyak pihak yang ragu, polisi dan tentara Afghanistan mampu mengambil alih tanggung jawab keamanan.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan PBB pada Februari lalu, sebanyak 2.754 warga sipil tewas, sementara 4.805 orang terluka akibat aksi kekerasan yang berhubungan dengan konflik di Afghanistan sepanjang 2012 lalu. Laporan itu mengatakan, 81 persen penyebab kematian warga sipil adalah serangan bom yang dilancarkan oleh Taliban dan kelompok bersenjata di Afghanistan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4927 seconds (0.1#10.140)