Militer Mesir gulingkan Morsi

Kamis, 04 Juli 2013 - 03:48 WIB
Militer Mesir gulingkan Morsi
Militer Mesir gulingkan Morsi
A A A
Sindonews.com – Militer Mesir akhirnya menggulingkan kekuasaan Presiden Mohamed Morsi, Rabu (3/7/2013) malam. Kudeta ini terjadi, setelah satu pekan terjadinya bentrokan berdarah yang menenwaskan hampir 50 orang di negara itu.

Pengumuman itu disampaikan lewat stasiun televisi negara oleh Menteri Pertahanan yang juga Kepala Angkatan Bersenjata Mesir, Jenderal Abdel Fattah al-Sisi. Pengumuman ini disambut meriah oleh para pengunjuk rasa anti Morsi yang telah berkemah di jalan-jalan Kota Kairo selama beberapa hari terakhir.

Dalam kesempatan itu, al-Sisi juga mengumumkan pembekuan konstitusi Islam yang disusun Morsi dan pemilihan presiden lebih awal. Ribuan orang langsung turun ke jalan-jalan di Kairo untuk merayakan keputusan ini. Mereka menyalakan petasan dan membunyikan klakson mobil.

Al-Sisi juga menyatakan, Kepala Mahkamah Agung sebagai pemimpin konstitusi sementara, sebelum terpilihnya presiden baru. “Panel akan dibentuk untuk melihat ke dalam amandemen konstitusi dan hukum yang akan disusun untuk mengatur pemilihan parlemen,” kata al-Sisi, seperti dikutip dari AFP.

Setelah al-Sisi menyampaikan pelengseran ini, Morsi langsung mengecam langkah tersebut sebagai "ilegal" dan mendesak Mesir untuk menolak kudeta ini.

Sementara Pemimpin oposisi, Mohamed ElBaradei mengatakan, road map yang diumumkan oleh al-Sisi telah memenuhi tuntutan rakyat untuk pemilihan presiden awal.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3001 seconds (0.1#10.140)