4 penambang tewas dalam ledakan tambang batu bara China

Rabu, 03 Juli 2013 - 19:12 WIB
4 penambang tewas dalam ledakan tambang batu bara China
4 penambang tewas dalam ledakan tambang batu bara China
A A A
Sindonews.com - Sebuah ledakan terjadi di tambang batu bara Jinfu, Selasa (2/6/2013) malam waktu setempat. Pemerintah Provinsi Hubei, wilayah China tengah melaporkan, ledakan itu menewaskan 4 penambang.

"Sebuah ledakan terjadi di tambang batu bara di Jinfu, wilayah Badong, pukul 10.30 malam. Saat ledakan terjadi, sekitar 58 penambang tengah berada di bawah tambang," ungkap pejabat pemerintah di Provinsi Hubei.

"Satu penambang tewas seketika di lokasi kejadian. Sementara itu, 11 penambang lainnya mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit, tiga diantaranya meninggal karena luka yang mereka derita," lanjut pejabat pemerintah di Provinsi Hubei.

Penyebab ledakan itu belum dapat dipastikan. Pasca kejadian, polisi setempat membawa sejumlah perusahaan tambang dan meminta perusaahaan tambang menghentikan proses produksi untuk sementara waktu.

Kecelakaan tambang ini merupakan yang pertama sepanjang bulan Juli, namun sudah yang ke sekian kali sepanjang 2013. China adalah konsumen batu bara terbesar di dunia. Sebanyak 70 persen batu bara tersebut dibutuhkan untuk pengadaan pertumbuhan energi di tengah pertumbuhan industri China.

Sayangnya, industri pertambangan China merupakan yang paling mematikan di dunia. Hal ini karena China dianggap lalai menegakkan standar keselamatan dan terburu-buru melakukan eksplorasi demi memenuhi tuntutan ekonomi.

Meski demikian, Pemerintah China menyebut, jumlah korban tewas akibat kecelakaan tambang telah menurun dari tahun ke tahun.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6568 seconds (0.1#10.140)