Rusia akan buka pangkalan udara pertama di Belarus

Rabu, 26 Juni 2013 - 23:35 WIB
Rusia akan buka pangkalan udara pertama di Belarus
Rusia akan buka pangkalan udara pertama di Belarus
A A A
Sindonews.com – Pangkalan udara pertama Rusia di Belarus akan beroperasi pada akhir tahun ini. Demikian dinyatakan oleh Komandan Kepala Angkatan Udara Rusia, Viktor Bondarev, Rabu (26/6/2013).

"Pembukaan sebuah pangkalan udara Rusia di Belarus adalah hasil dari pemenuhan perjanjian antar-pemerintah pada penguatan komponen militer dari Uni Negara, di mana kami memiliki kewajiban untuk memenuhinya," ujar Bondarev,kepada wartawan.

"Sebagai anggota dari Uni Negara, Rusia memiliki tugas untuk membentuk dan memiliki pangkalan udara di sana," kata Bondarev, seperti dikutip dari Xinhua. Pangkalan udara akan berlokasi dekat kota Lida, tidak jauh dari persimpangan perbatasan Polandia-Lithuania.

Bondarev mengatakan, awalnya, pangkalan itu akan hanya digunakan oleh Angkatan Udara Rusia, tetapi Belarus akan bertanggung jawab atas pemeliharaannya. "Pangkalan udara akan menjadi elemen penting yang pertama dari eselon pertahanan strategis dari Uni Negara, yakni melindungi wilayah udara Belarus," katanya.

Bondarev mengatakan, pangkalan itu siap untuk pendaratan jet tempur fighter Su-27. Saat ini, pangkalan udara tersebut sudah siap dan tak ada pekerjaan renovasi tambahan yang perlu dilakukan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4647 seconds (0.1#10.140)