2 serangan bom bunuh diri warnai unjuk rasa di Irak

Selasa, 25 Juni 2013 - 20:43 WIB
2 serangan bom bunuh diri warnai unjuk rasa di Irak
2 serangan bom bunuh diri warnai unjuk rasa di Irak
A A A
Sindonews.com - Dua orang pelaku bom bunuh diri melancarkan aksinya di tengah unjuk rasa yang digelar puluhan warga Syiah Turkoman di Kota Tuz-Khurmato, wilayah Irak Utara, Selasa (25/6/2013).

"10 orang tewas, sementara 55 orang menderita luka-luka akibat dua serangan bom bunuh diri itu," ungkap Walikota Tuz-Khurmat, Talib al-Bayati. Laporan jumlah korban itu dikonfirmasi oleh dokter di rumah sakit tempat para korban di rawat.

"Di antara mereka yang tewas adalah seorang mantan wakil gubernur dan dua putranya," imbuh Bayati seperti dilansir Nahanet.

Polisi Irak mengatakan, dua orang pelaku bom bunuh diri itu melancarkan aksinya di dua lokasi terpisah. "Pelaku pertama melancarkan aksinya di tengah puluhan pengunjuk rasa, sementara satu orang lainnya di dalam pasukan keamanan dan para demonstran yang berupaya mengevakuasi para korban," papar polisi itu.

Aksi unjuk rasa warga Kota Tuz-Khurmato merupakan bentuk protes buruknya tingkat keamanan, sejumlah serangan sering kali terjadi di wilayah mereka. Selain itu, aksi untuk rasa itu memrotes pembentukan pasukan khusus yang beranggotakan pemuda Tuz-Khurmato untuk melindungi wilayah mereka dari serangan militan al-Qaeda.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7333 seconds (0.1#10.140)