India & AS memulai dialog strategis

Selasa, 25 Juni 2013 - 02:43 WIB
India & AS memulai dialog...
India & AS memulai dialog strategis
A A A
Sindonews.com – Amerika Serikat (AS) menyerukan hubungan dengan India sebagai salah satu hubungan yang mendefinisikan abad ke-21 dan menyatakan keinginannya untuk mendorong implementasi kesepakatan nuklir sipil.

Seperti dilaporkan Xinhua, kedua negara mulai melakukan dialog strategis. "AS dan India telah menegaskan kembali komitmen untuk implementasi penuh dan tepat waktu soal kesepakatan nuklir sipil," kata Menteri Luar Negeri AS, John Kerry.

Kerry menyatakan hal ini setelah pertemuan dengan Menteri Luar Negeri India, Salman Khurshid. Dalam pertemuan itu dilakukan diskusi soal pada pertahanan, kerjasama di ruang angkasa, teknologi, pendidikan dan pertanian.

Ketika ditanya tentang pembicaraan AS dengan Taliban, Kerry mengatakan, "Para pejabat di India akan diberikan pengarahan langsung di atasnya. Kami berhubungan dengan Presiden Afghanistan, Hamid Karzai. Dan, ini adalah proses yang dipimpin Afghanistan."

"Kerry telah mengatakan, bahwa AS akan memastikan, bahwa tidak akan ada kekhawatiran India pada pembicaraan dengan Taliban,” ujar Khursid.

Dalam kesempatan ini, AS juga mengumumkan sumbangan untuk korban banjir di negara bagian Uttarakhand. "Kami mengungkapkan duka yang mendalam kami kepada semua orang yang terkena banjir. Kami ingin menyumbangkan USD150 ribu untuk bantuan korban banjir di Uttarakhand," kata Kerry.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0907 seconds (0.1#10.140)