Ekuador terima permohonan suaka Snowden

Senin, 24 Juni 2013 - 09:13 WIB
Ekuador terima permohonan...
Ekuador terima permohonan suaka Snowden
A A A
Sindonews.com - Menteri Luar Negeri Ekuador, Ricardo Patino mengatakan pada Minggu (23/6/2013), bahwa wshistleblower NSA, Edward Snowden, 29, telah minta suaka di Negara Amerika Selatan itu.

Patiino, dikutip Xinhua, Senin (24/6/2013) menegaskan, bahwa Ekuador telah menerima permohonan suaka dari mantan karyawan CIA yang tengah diburu pemerintah AS itu.

”Pemerintah Ekuador telah menerima permintaan suaka dari Edward Snowden,” tulis Patino pada akun Twitter-nya. Patino menulis hal itu, saat dia melakukan kunjungan resmi ke Vietnam.

Meskipun demikian, belum ada konfirmasi resmi dari Presiden Ekuador atas pernyataan Patino. Ia sebelumnya, menyatakan, bahwa negaranya akan mempertimbangkan permintaan suaka, jika Snowden mengajukan permohonan.

Snowden, yang diburu FBI karena telah bocor program penyadapan rahasia Pemerintah AS pada catatan telepon dan internet global, sudah meninggalkan Hong Kong, tempatnya bersembunyi sekaligus membocorkan program penyadapan NSA itu.

Menurut laporan media Rusia, Snowden tiba di Moskow setelah meninggalkan Hong Kong pada Minggu. Ia terbang dengan pesawat komersial. Snowden sudah ditunggu Duta Besar Ekuador di Bandara Sheremetyevo, Moskow.

WikiLeaks, organisasi yang didirikan Julian Assange mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Minggu, bahwa Snowden sudah dilindungi Pemerintah Ekuador dengan pemberian suaka. Tim hukum WikiLeaks juga ikut membantu Snowden dalam upaya perlindungannya.

Muncul ada spekulasi, jika Snowden kemungkinan mencari suaka di Ekuador, Venezuela, Kuba atau Islandia.

Assange yang senasib dengan Snowden, memilih tetap di Kedutaan Ekuador, di London untuk menghindari upaya ekstradisi Pemerintah Swedia, karena dituduh melakukan kejahatan seks. Ia meyakini, upaya penangkapan dirinya oleh Pemerintah Swedia, atas perintah Pemerintah AS karena sepak terjang WikiLeaks yang membocorkan berbagai skandal Pemerintah AS dari bocoran kawat diplomatik.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0673 seconds (0.1#10.140)