Obama: Rakyat Iran ingin perubahan

Selasa, 18 Juni 2013 - 15:45 WIB
Obama: Rakyat Iran ingin...
Obama: Rakyat Iran ingin perubahan
A A A
Sindonews.com - Presiden AS, Barack Obama pada Senin (17/6/2013), mengatakan, bahwa hasil Pemilu Iran menunjukkan rakyat negara itu ingin keluar dari konfrontasi dengan dunia luar, setelah Teheran terkena sanksi ekonomi. Buktinya, mayoritas rakyat Iran memilih presiden yang lebih moderat, Hassan Rouhani.

”Ya, saya pikir bahwa rakyat Iran ingin bergerak ke arah yang berbeda,” kata Obama kepada televisi PBS, dikutip businessweek, Selasa (18/6/2013).

”Orang-orang Iran menolak kelompok garis keras,” lanjut Obama ketika ditanya terpilihnya Rouhani sebagai pengganti Mahmoud Ahmadinejad. ”Jelas, Anda (rakyat Iran) memiliki rasa lapar di Iran.”

Tapi AS akan menunggu untuk melihat situasi politik berkembang di Iran, setelah pemimpin tertinggi negara itu (Ayatollah Ali Khamenei) masih mempertahankan otoritas atas keputusan-keputusan krusial Iran.

”Sekarang, Rouhani yang memenangkan Pemilu. Saya pikir ia menunjukkan minatnya (terbuka) soal berbagai pertanyaan internasional. Tapi saya pikir kita memahami bahwa sistem mereka (Iran) masih ditentukan oleh pemimpin tertinggi ketika membuat keputusan,” kata Obama.

Pada forum KTT G8 di Enniskillen, Irlandia Utara, Obama mengatakan, bahwa ia dan Presiden Rusia, Vladimir Putin telah menyuarakan optimisme bahwa hasil Pemilu bisa membuka pembicaraan antara Iran dengan dunia soal sengketa nuklir yang selama ini tertutup.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0677 seconds (0.1#10.140)