Tornado kacaukan transportasi Chicago

Kamis, 13 Juni 2013 - 10:55 WIB
Tornado kacaukan transportasi Chicago
Tornado kacaukan transportasi Chicago
A A A
Sindonews.com Sejumlah tornado dan hujan es melanda Chicago, AS pada Rabu (12/6/2013) waktu setempat. Dikutip Reuters, Kamis (13/6/2013), belum ada dampak kerusakan besar dari bencana tornado itu.

Namun, ancaman tornado itu sudah mengacaukan transportasi di Chicago, kota terbesar di AS. Banyak orang meninggalkan pekerjaan lebih awal, dan meninggalkan bangunan bertingkat.

Beberapa kendaraan juga terjebak dalam kemacetan lalu lintas. Jadwal keberangkatan kereta api juga dilaporkan tertunda, akibat pengaruh cuaca. ”Sejauh ini kami beruntung dan belum ada koridor yang rusak oleh angin,” kata John Hart, seorang meteorolog pada Layanan Cuaca dan Prakiraan Badai Pusat di Norman, Oklahoma.

Selain itu, badai juga menyapu wilayah Midwest menuju Timur AS. Kendati belum ada kerusakan besar, Badan Layanan Cuaca AS, menyatakan tornado itu berpotensi membayakan, karena bisa menghasilkan badai dengan kecepatan angin yang sangat besar.

Sejumlah peringatan tornado dikeluarkan untuk wilayah Midwest. Situs layanan cuaca menunjukkan 16 laporan tornado, termasuk tornado di Iowa, Illinois dan Ohio. Dalam peringatan itu, warga diimbau segera mencari tempat berlindung.

Benjamin Jeffers, 18, seorang karyawan di Negara Bagian Belmond, mengatakan ia dan rekan kerjanya lari ke ruang bawah tanah setelah salah satu dari dua corong awan mendekat. ”Puing-puing mulai terbang di sekitar lapangan golf dan mulai mendekati kami,” katanya.

”Kedengarannya seperti kereta besar tanpa klakson. Seperti gemuruh, semua terhindar dari kerusakan,” lanjut dia.

Juru Bicara Departemen Manajemen Darurat Iowa, mengatakan empat tornado dilaporkan di Wright County, Iowa, di mana beberapa bisnis dan rumah hancur. Menurutnya, sejauh ini tidak ada orang yang terluka dan meninggal.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6503 seconds (0.1#10.140)