Ditunda, perundingan tingkat tinggi Korut-Korsel

Selasa, 11 Juni 2013 - 23:10 WIB
Ditunda, perundingan tingkat tinggi Korut-Korsel
Ditunda, perundingan tingkat tinggi Korut-Korsel
A A A
Sindonews.com – Perudingan tingkat tinggi antara Pemerintah Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) yang semula dijadwalkan akan diselenggarakan pada Rabu (12/6/2013) dan Kamis (13/6/2013) di Seoul, dibatalkan.

Menurut Kementerian Unifikasi Korsel, pembatalan ini disebabkan adanya ketidaksepakatan di tingkat kepala delegasi. “Korut secara sepihak memberitahu kami tentang keputusannya untuk menunda pengiriman delegasinya," kata Juru Bicara Kementerian Unifikasi yang bertanggung jawab atas hubungan antar-Korea, Kim Hyung-seok, dalam konferensi pers, Selasa (11/6/2013).

“Korut memberitahu kami, bahwa pembicaraan antar-Korea tidak akan berlangsung, kecuali pejabat tingkat menteri dari Korsel datang ke meja dialog,” ujar Hyung-seok, seperti dikutip dari Xinhua.

Semula, Korsel mengumumkan bahwa delegasi mereka akan dipimpin oleh Wakil Menteri Unifikasi, Kim Nam-shik. Tapi, Korut mengecam usulan itu, karena dianggap tak ubahnya mengirim delegasi tingkat rendah. Sementara Korut semula akan mengirim Kang Ji-young, yang menjabat sebagai Direktur Komite untuk Reunifikasi Damai Korea (CPRK), sebagai kepala negosiator.

Pembatalan ini telah menurunkan harapan akan terciptanya hubungan saling percaya antara dua Korea. Padahal sebelumnya, dunia dibuat terkejut dengan usulan tiba-tiba Korut untuk melakukan dialog. Usai usulan Korut itu disetujui Korsel, sejumlah pejabat dua Korea telah melakukan pertemuan pendahuluan, kemarin.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4868 seconds (0.1#10.140)