Serangan ke Kantor Dewan Daerah Afghanistan, 6 militan tewas

Senin, 10 Juni 2013 - 18:47 WIB
Serangan ke Kantor Dewan Daerah Afghanistan, 6 militan tewas
Serangan ke Kantor Dewan Daerah Afghanistan, 6 militan tewas
A A A
Sindonews.com - Sekelompok anggota militan Taliban Afghanistan meluncurkan serangan ke kantor Dewan Daerah Provinsi Zabul, 340 km, dari Kabul, Senin (10/6/2013).

"Sekelompok anggota Taliban yang terdiri dari enam orang militan yang dilengkapi dengan rompi bom bunuh diri dan senjata api menggerebek kantor dewan daerah Provinsi Zabul di Kota Qalat pukul 11 pagi," ungkap Mohammad Jan Rasoulyar, wakil Gubernur Provinsi Zabul kepada Xinhua.

"Enam penyerang tewas, sementara 18 orang lainnya terluka dalam serangan tersebut. Semua korban luka-luka adalah warga sipil," Rasoulyar menuturkan, Menurutnya, seorang pelaku bom bunuh diri melancarkan aksinya di samping pintu masuk gedung untuk membuka jalan bagi lima anggota lainnya untuk masuk.

Baku tembak antara penyerang dan polisi yang mengamankan bagian dalam gedung tidak terelakan. Tiga anggota Taliban tewas seketika dalam baku tembak tersebut.

"Baku tembak antara polisi dan dua teroris yang bertahan selama satu jam, berakhir dengan kematian dua penyerang. Belasan korban luka-luka semuanya adalah warga sipil, salah satunya adalah Fauzia Yunus, anggota DPRD, " ungkap Rasoulyar.

Beberapa waktu kemudian, Qari Yusuf Ahmadi, berbicara atas nama Taliban dengan sejumlah media lokal dan mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. "Serangan itu menelan banyak korban jiwa dari prajurit pemerintah," ungkap Ahmadi.

Serangan ini merupakan serangan ke dua sepanjang hari ini. Sebelumnya, Taliban terlibat baku tembak dengan pasukan keamanan di dekat Bandara Kabul. Baku tembak berakhir dengan kerugian di pihak Taliban, sebanyak tujuh penyerang tewas dalam serangan itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3334 seconds (0.1#10.140)