Oposisi Sudan serukan aksi protes massal

Sabtu, 08 Juni 2013 - 23:35 WIB
Oposisi Sudan serukan aksi protes massal
Oposisi Sudan serukan aksi protes massal
A A A
Sindonews.com – Konsensus Angkatan Nasional, payung utama partai oposisi Sudan menyerukan digelarnya aksi protes massal. Hal ini dilakukan karena pemerintahan Presiden Omar Hassan al-Bashir dinilai telah kehilangan dukungan.

Aksi massa ini dimaksudkan untuk menggulingkan kekuasaan Bashir. "Rezim sangat lemah. Kita akan mulai hari ini dan hari ke depan untuk mempersiapkan demonstrasi populer," kata Farouk Abu Issa, Kepala Aliansi Oposisi, Sabtu (8/6/2013), seperti dikutip dari Reuters.

Kubu oposisi menargetkan pemerintahan Bashir akan runtuh dalam tiga bulan mendatang. "Kami berharap, bahwa rezim akan jatuh dalam tempo 100 hari," lanjut Issa. Menurutnya, aksi protes akan mulai di Khartoum dan kota Omdurman di tepi sungai Nil dan kemudian menyebar ke kota-kota besar lain.

Issa tidak memberikan rincian lebih lanjut soal berapa banyak massa yang ditargetkan ikut berabung dalam aksi itu. Hingga kini, belum ada komentar dari Pemerintah Sudan terkait seruan kubu oposisi ini.

Sikap tidak puas sudah mulai muncul sejak Sudan Selatan memisahkan diri dari Sudan pada 2011. Rasa tidak puas kian besar, setelah terjadinya kenaikan harga pangan. Bashir, yang berkuasa sejak 1989, masih menikmati dukungan dari tentara dan kelompok-kelompok Islam yang berpengaruh.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5078 seconds (0.1#10.140)