Iran akan tetap lakukan pengayaan uranium

Kamis, 06 Juni 2013 - 23:09 WIB
Iran akan tetap lakukan pengayaan uranium
Iran akan tetap lakukan pengayaan uranium
A A A
Sindonews.com – Iran tidak akan menghentikan kegiatan nuklir dan pengayaan uranium, meski berada di bawah tekanan. Demikian dinyatakan oleh perwakilan tetap Iran untuk Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Ali Asghar Soltanieh, seperti dikutip dari Press TV, Kamis (6/6/2013).

"Kami akan melanjutkan kegiatan nuklir kami, termasuk pengayaan, tanpa gangguan di bawah perlindungan lingkup penuh (perjanjian) dari IAEA," kata Soltanieh. "Kebijakan nuklir kami sangat jelas. Senjata nuklir tidak punya tempat dalam doktrin nuklir kami," lanjutnya.

Ia menambahkan, bahwa laporan terbaru IAEA mengenai program nuklir Iran, tidak dapat diterima. Sebab, laporan itu dimaksudkan untuk menciptakan "politik ketegangan."

Satu hari sebelumnya, IAEA mengeluarkan pernyataan terbaru soal program nuklir Iran. IAEA mendesak Iran untuk menghentikan kegiatan nuklirnya. "Kami sangat prihatin, bahwa Iran terus melakukan kegiatan nuklir tertentu yang bertentangan dengan resolusi yang relevan dari Dewan Gubernur dan Dewan Keamanan PBB," kata pernyataan itu.

Badan atom PBB menyatakan keprihatinan mendalam, bahwa Iran terus mendorong rencana nuklirnya, termasuk memasang sentrifugal, produksi uranium yang diperkaya, dan konstruksi reaktor IR-40 di Arak. IAEA mendesak Iran untuk sepenuhnya bekerja sama dengan lembaga itu untuk menyelesaikan isu yang beredar soal program nuklirnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3148 seconds (0.1#10.140)