Korut ingin berdamai dengan Korsel

Rabu, 29 Mei 2013 - 18:57 WIB
Korut ingin berdamai dengan Korsel
Korut ingin berdamai dengan Korsel
A A A
Sindonews.com - Rodong Sinmun, surat kabar resmi partai berkuasa Korea Utara (Korut) Partai Buruh Korea (WPK) menerbitkan sebuah artikel yang isinya menyerukan untuk menganti kesepakatan gencatan senjata Korut -Korea Selatan (Korsel) dengan sebuah perjanjian damai resmi guna meningkatkan stabilitas di Semenangjung Korea, seperti diberitakan dalam Yonhap, Rabu (29/5/2013).

Surat kabar yang merefleksikan pandangan partai berkuasa dan pemimpinya itu mengatakan, perdamaian damai tersebut adalah sebuah kebutuhan mendesak untuk menggantikan Perjanjian Gencatan Senjata yang merupakan peninggalan zaman perang dengan perjanjian perdamaian yang permanen.

Rodong Sinmun mengatakan, perjanjian gencatan senjata Korut-Korsel yang menandai berahirnya perang Korea pada 1950-1953 hanya memberikan keuntungan pada Amerika Serikat (AS). Korut menilai gencatan snejata itu dilakukan untuk mengekang Korut delam kekerasan.

"Jika rezim perdamaian diciptakan pada masa lalu, kebuntuan yang terjadi saat ini atas masalah nuklir pasti tidak akan menjadi masalah yang berada pada tempat awal," sebut artikel itu.

Pernyataan tersebut dirilis sehari setelah Korut mengumumkan bahwa mereka tidak akan menyerahkan kemampuan nujkus mereka di tengah meningkatnya ancaman nuklir AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5549 seconds (0.1#10.140)