Indonesia konsumen mie instan terbesar kedua di dunia

Jum'at, 26 April 2013 - 20:44 WIB
Indonesia konsumen mie instan terbesar kedua di dunia
Indonesia konsumen mie instan terbesar kedua di dunia
A A A
Sindonews.com - Asosiasi Mie Instan Dunia yang berbasis di Osaka, Jepang melaporkan, bahwa di tahun 2012 total penjualan mie instan di seluruh dunia telah melampaui 101 miliar porsi per tahun.

Jika di rata-rata setiap bulan, maka seluruh orang di dunia telah memakan lebih dari satu porsi mie.

Berdasarkan hasil penelitian Asosiasi Mie Instan Dunia, dari total 101,4 miliar posrsi mie istan yang terjual di seluruh dunia tahun lalu, Indonesia adalah konsumen mie instan terbesar kedua dengan total konsumsi 14,1 miliar.

Asosiasi Mie Instan Dunia menyebutkan, negara yang paling banyak mengkonsumsi mie instan di seluruh dunia adalah China. Tahun lalu, penduduk Negeri Tirai Bambu itu tercatat telah mengkonsumsi 44 miliar porsi mie. Sementara di posisi ketiga, setelah Indonesia, diduduki oleh Jepang.

Negeri Sakura dilaporkan telah mengkonsumsi 5,1 miliar mie, disusul Vietnam dengan total konsumsi 5,4 miliar posrsi per tahun.

"Hasil penelitian menunjukan mie istan telah menjadi hidangan standar di seluruh dunia," ungkap Norio Sakurai, seorang pejabat di Asosiasi Mie Instan Dunia.

"Kami kira angka ini akan terus bertambah, khususnya di beberapa negara berkembang," imbuh Sakurai.

Setelah diluncurkan lima dekade yang lalu, angka penjualan makanan cepat saji tersebut dari tahun ke tahun terus merangkak naik. Mie instan atau mie kering yang dapat dikonsumsi setelah di rebus ini, pertama kali diciptakan Momofuku Ando, pendiri Nissin Foods pada 1958 silam.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6008 seconds (0.1#10.140)