Maduro menangi pemilu Venezuela

Senin, 15 April 2013 - 18:23 WIB
Maduro menangi pemilu...
Maduro menangi pemilu Venezuela
A A A
Sindonews.com - Pejabat sementara Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, menang tipis dari pemimipin oposisi Venezuela, Henrique Capriles dalam Pemilu nasional yang digelar pada akhir pekan kemarin.

Maduro yang berstatus Wakil Presiden saat Hugo Chavez masih hidup, meraih 50,66 persen suara dalam pemilu ulang Presiden Venezuela yang diikuti oleh lebih dari 18,9 juta warga negara itu, Minggu (14/4/2013). Pemilu itu sendiri dilaporkan berlangsung aman.

"Berdasarkan hasil perhitungan 99,2 persen perolehan suara Nasional yang telah masuk, Maduro berhasil mengalahkan Capriles dengan selisih perolehan sura hanya kurang dari 2 persen," ungkap Tibisay Lucena, Pemimpin Dewan Pemilu Nasional Venezuela, Senin (15/4/2013).

Lucena mengatakan, jumlah suara yang diraih Capriles berjumlah 49,07 persen. Angka ini naik dibading saat Capriles bertarung dengan Chavez dalam pemilu tahun lalu.

"Pemilu ini berlangsung dengan sangat ketat dan sebelumnya kami telah menginformasikan pada para calon presiden, bahwa apapun hasil dari pemilu ini tidak dapat diubah," ungkap Lucena.

Di luar istana Kepresidenan Venezuela, ribuan pendukung Maduro tumpah ruah merayakan kemenangan itu. "Perjuangan terus berlanjut!," ungkap Maduro sambil memegang foto Chavez di istana Presiden. Dia lantas memutarkan rekaman suara Chavez saat menyanyikan lagu kebangsaan Venezuela.

"Ini adalah kali pertama pemilu digelar tanpa kandidat besar tersebut. Tapi, dia meninggalkan anaknya yang kini akan menjadi presiden dan dia kini akan menujukan pada tanah air, bahwa dia layak untuk memimpin tanah air," ungkap Maduro.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9504 seconds (0.1#10.140)