Bom meledak di Somalia, 19 tewas

Minggu, 14 April 2013 - 23:47 WIB
Bom meledak di Somalia, 19 tewas
Bom meledak di Somalia, 19 tewas
A A A
Sindonews.com – Sedikitnya 19 orang dilaporkan tewas dalam serangan bom yang terjadi di Mogadishu, Somalia, Minggu (14/4/2013). Seperti dilaporkan Reuters, serangan itu dilakukan oleh Al Shabaab, kaum militan yang memiliki hubungan dengan Al Qaeda.

Selain meledakan bom, militan Al Shabaab juga melancarkan serangan dengan menggunakan senjata api ke dalam kompleks gedung pengadilan di Mogadishu. Para miltan Al Shabaab ini menyamar dengan menggunakan seragam pegawai pemerintah Somalia.

Saksi di tempat kejadian mengatakan, selain bom mobil, tiga orang bersenjata yang menyerbu pengadilan juga meledakkan diri dengan menggunakan bahan peledak yang diikatkan pada tubuh mereka.

"Setelah bom meledak di dekat pintu gerbang, sekitar tujuh orang bersenjata lengkap dengan mengenakan seragam pemerintah, masuk ke dalam kompleks gedung pengadilan. Kami pikir mereka adalah tentara pemerintah," kata Aden Sabdow, seorang saksi mata yang bekerja di kantor walikota yang berdekatan dengan kompleks pengadilan.

"Orang-orang bersenjata memasuki pengadilan dan kemudian kami mendengar ledakan. Lalu, mereka mulai melepaskan tembakan. Kita tidak tahu jumlah korban," kata seorang saksi lainnya, Hussein Ali, yang bekerja di gedung pengadilan.

Pasukan Pemerintah Somalia langsung meluncur ke lokasi kejadian dan mengepung kompleks pengadilan tersebut. Saat terjadi pertempuran antara kedua belah pihak, terdengar suara ledakan kedua. Beberapa jam kemudian, baku temban berhenti, namun pasukan pemerintah mengatakan, sejumlah anggota militan masih bersembunyi di dalam kompleks pengadilan.

Wartawan Reuters menghitung, ada 16 mayat di sekitar kompleks itu, beberapa dari mereka mengenakan seragam dan sejumlah lainnya tidak. Karenanya, tidak jelas berasal dari pihak mana saja mereka yang tewas.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6394 seconds (0.1#10.140)