Tolak penggusuran, satu keluarga bakar diri di India

Kamis, 04 April 2013 - 17:25 WIB
Tolak penggusuran, satu keluarga bakar diri di India
Tolak penggusuran, satu keluarga bakar diri di India
A A A
Sindonews.com - Sebuah keluarga yang terdiri dari lima warga India melancarkan aksi bakar diri di Kota Rajkot, wilayah Gujarat, India barat, Rabu (4/4/2013). Aksi nekat tersebut merupakan bentuk protes setelah pemerintah meruntuhkan rumah mereka yang termasuk dalam bangunan ilegal.

Ram Sinh, Pejabat Polisi setempat mengatakan, tiga wanita dan dua orang pria yang menenteng minyak tanah tiba-tiba mendatangi kantor Pemerintah Rajkot. Mereka lantas meminta pemerintah menghentikan aksi penggusuran sejumlah pemukiman ilegal.

"Begitu permintaan mereka ditolak, kelima orang tersebut langsung menyiramkan minyak tanah dan membakar diri mereka sendiri," ungka Sinh.

Pegawai di kantor pemerintah Rajkot mengatakan, rumah keluarga yang akan digusur tersebut ilegal dan pemerintah mengeluarkan keputusan untuk menghancurkan rumah itu dan membiarkan mereka dalam keadaan putus asa.

"Kelima korban di identifikasi bernama, Rekha, Asha, Vasumati, Bharat dan Girish. Setelah melancarkan aksinya, kelimanya lantas dilarikan ke rumah sakit. Nahas, Girish yang berusia 35 tahun tewas di rumah sakit," ungkap Sinh. "Keempat korban lanya masih menjalani perawatan di rumah sakit. Mereka semua menderita luka bakar parah," imbuh Sinh.

Puluhan ribu penduduk India membangun rumah secara ilegal di sejumlah kota di India. Dalam rangka mempercantik kota, sejumlah pejabat di kota kota tersebut melancarkan aksi pembongkaran bangunan ilegal tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6840 seconds (0.1#10.140)