Kamboja & Rusia tingkatkan kerjasama bilateral

Selasa, 02 April 2013 - 22:28 WIB
Kamboja & Rusia tingkatkan kerjasama bilateral
Kamboja & Rusia tingkatkan kerjasama bilateral
A A A
Sindonews.com – Kamboja dan Rusia menandatangani Memorandum of Understanding yang bertujuan untuk mempromosikan kerjasama bilateral di segala bidang, terutama di sektor perdagangan, investasi, pariwisata, dan pendidikan.

Kesepakatan itu ditandatangani oleh Sun Saphoeun, Sekretaris Negara dari Kementerian Luar Negeri Kamboja dan Kerjasama Internasional, dan Alexander Radkov, Kepala Badan Federal Rusia untuk Pariwisata, Selasa (2/4/2013).

"Berdasarkan kesepakatan itu, kedua belah pihak berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama bilateral di bidang perdagangan, investasi, pariwisata, dan pendidikan," kata Radkov keepada para wartawan setelah upacara penandatanganan, seperti dikutip dari Xinhua.

Dia mengatakan, di sektor pendidikan, Rusia akan mempertimbangkan untuk meningkatkan jumlah beasiswa bagi siswa Kamboja untuk belajar di Rusia.

Pada hari yang sama, Radkov juga bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Kamboja dan Menteri Luar Negeri Hor Namhong. “Kamboja tidak pernah melupakan banyak bantuan dari pemerintah dan rakyat Rusia untuk Kamboja, terutama selama periode 1980-an,” kata Namhong.

Namhong juga mendesak investor Rusia untuk memikirkan investasi di sektor pariwisata, konstruksi, dan pertanian, khususnya beras di Kamboja. Radkov sendiri berjanji untuk memperluas kerjasama dengan Kamboja di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata untuk saling menguntungkan.

Volume perdagangan bilateral kedua negara relatif kecil, yakni sekitar USD50 juta setiap tahun. Di sisi investasi, Kamboja menarik sekitar USD617 juta investasi dari Rusia pada kurun 1994-2012. Di sektor pariwisata, lebih dari 99 ribu wisatawan Rusia datang ke Kamboja pada tahun lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3550 seconds (0.1#10.140)