Militer Nigeria tembak mati 10 komandan militan

Minggu, 10 Maret 2013 - 20:08 WIB
Militer Nigeria tembak mati 10 komandan militan
Militer Nigeria tembak mati 10 komandan militan
A A A
Sindonews.com - Operasi gabungan yang digelar oleh militer dan polisi (JTF) Nigeria di Ibu Kota Maiduguri, Borno, wilayah timur Nigeria dalam 10 hari terakhir, kembali memakan korban. Sabtu (9/3/2013), pihak militer mengatakan operasi tersebut menewaskan puluhan militan dan berhasil menyita sejumlah senjata serta amunusi milik militan.

"Selama operasi tersebut, baku tembak yang terjadi antara militer dan kelompok militan menewaskan 52 anggota kelompok militan Boko Haram, termasuk 10 komandan mereka," ungkap Letnan Kolonel Sagir Musa, Juru Bicara JTF, seperti dilansir Reuters, Minggu (10/3/2013).

"JTF juga berhasil meringkus 70 anggota Boko Haram," imbuh Musa.

Musa juga mengatakan, operasi terakhir yang dilancarkan oleh JTF selama lima jam di Maiduguri, satu hari yang lalu, berhasil menyita 28 senapan, 47 pistol, 20 pelontar granat, tiga senjata anti pesawat dan sekitar 11 ribu amunisi.

Pasukan Nigeria sering kali mengklaim berhasil menyerang militan Boko Haram, tapi jarang menyebutkan jumlah korban yang jatuh dari pihak sipil dan korban yang jatuh dari pihak militer. Menurut kesaksian warga Maiduguri, serangan besar-besaran yang dilancarkan JTF selama beberapa hari tersebut tidak hanya menewaskan militan Boko Haram, tapi juga menewaskan puluhan warga sipil. Sementara itu, kelompok Hak Asasi Nigeria menuduh JTF sebagai pihak yang seharusnya bertanggung jawab dalam serangan yang menewaskan warga sipil tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5275 seconds (0.1#10.140)