Nelayan Indonesia selamatkan 63 muslim Rohingya

Jum'at, 01 Maret 2013 - 16:57 WIB
Nelayan Indonesia selamatkan 63 muslim Rohingya
Nelayan Indonesia selamatkan 63 muslim Rohingya
A A A
Sindonews.com - Nelayan Indonesia menyelamatkan puluhan muslim Rohingya di lepas pantai timur Sumatra, dekat Provinsi Aceh, Indonesia, Kamis (28/2/2013) sore. Polisi Aceh mengatakan puluhan etnis Rohingya, terdiri dari 23 anak-anak ditemukan nelayan terapung diatas perahu kayu tanpa mesin.

"Nelayan menemukan 63 muslim Rohingya Kamis sore, sekitar 160 km dari pesisir Kota Idi Rayeuk. Mereka kemudian ditarik ke pantai," ungkap Muhajir, Kepala Polisi di Distrik timur Aceh, seperti dilansir dalam Channelnewsasia, Jumat (1/3/2013).

"Kami hanya tahun mereka semua berasal dari Myanmar. Kami tidak tahu dari mana tepatnya perahu tersebut berlayar karena mereka semua terlalu lelah dan lapar untuk ditanyai. Lagi pula kami kesulitan untuk berkomunikasi dengan mereka semua," terang Muhajir.

Muhajir mengatakan kini para pencari suaka tersebut ditahan di kantor imigrasi di dekat kota Langsa. Mungkin, setelah ini mereka akan dipindahkan ke pusat penahanan.

"Mengingat situasi yang terjadi di Myanmar dan Thailand, kami memperkirakan akan menemukan lebih banyak pengungsi muslim Rohingya di sekitar peraian ini," terang Muhajir.

Penyelamatan yang dilakukan oleh nelayan Indonesia terhadap muslim Rohingya bukan yang pertama kalinya. Tiga hari sebelumnya, para nelayan telah menyelematkan 121 muslim Rohingya. Salah satu dari mereka yang selamat mengatakan militer Thailand menyabotase kapal mereka dengan menembak perahu mereka, mengambil persediaan bensin.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4564 seconds (0.1#10.140)