Iran klaim temukan cadangan uranium baru

Minggu, 24 Februari 2013 - 23:13 WIB
Iran klaim temukan cadangan uranium baru
Iran klaim temukan cadangan uranium baru
A A A
Sindonews.com – Iran mengaku telah menemukan cadangan baru uranium mentah. Pernyataan ini diungkapkan Pemerintah Iran, beberapa saat sebelum dilakukan putaran baru pembicaraan program nuklir mereka dengan sejumlah negara besar.

Kantor berita negara IRNA, mengutip laporan Badan Tenaga Atom Organisasi Iran (AEOI) mengatakan, cadangan uranium mentah itu ditemukan di daerah pesisir utara dan selatan. Cadangan baru ini memiliki kandungan tiga kali lipat dari yang diperkiraan sebelumnya.

"Kami telah menemukan sumber-sumber baru uranium dan kami akan menempatkan mereka untuk digunakan dalam waktu dekat," kata Kepala AEOI, Fereydoun Abbasi-Davani, dalam konferensi tahunan industri nuklir.

Hingga kini, program nuklir Iran masih menjadi kontroversi. Pembicaraan terdekat dijadwalkan akan dilakukan di Kazakhstan pada 26 Februari. Dalam perundingan ini, Iran dan Kelompok 5+1 (Rusia, China, Prancis, Inggris, dan Amerika Serikat + Jerman) akan kembali mencari titik temu soal program nuklir Iran.

Putaran terakhir perundingan antara Iran dan P5+1 akan diselenggarakan di Moskow pada Juni 2013. Selama ini, negara Barat menuding Iran mengembangkan program nuklir untuk membuat bom nuklir. Sementara Teheran sendiri mengaku, bahwa program nuklir mereka dikembangkan untuk tujuan damai.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6515 seconds (0.1#10.140)