Pemerintah Bulgaria tak mengundang delegasi Hamas

Sabtu, 16 Februari 2013 - 07:30 WIB
Pemerintah Bulgaria...
Pemerintah Bulgaria tak mengundang delegasi Hamas
A A A
Sindonews.com – Dengan alasan menciptakan ancaman serius bagi keamanan nasional, Pemerintah Bulgaria mengusir tiga anggota delegasi Hamas yang berkunjung ke negara itu. Pada Jumat (15/2/2013) pagi, delegasi Hamas dijemput paksa dari hotel mereka dan langsung diantar ke Bandara.

Menteri Dalam Negeri Bulgaria, Tsvetan Tsvetanov mengatakan, Pemerintah Bulgaria tidak memiliki hubungan apapun soal kunjungan mendadak delegasi Hamas ini. Semula, tiga anggota Parlemen Hamas yang tiba di Bulgaria pada Rabu 13 Februari itu berencana melakukan lawatan hingga pekan depan.

"Mereka diundang oleh sebuah organisasi non-pemerintah sebagai delgasi Palestina. Begitu mereka tiba, mereka mulai menunjukkan afiliasi politik mereka," kata Tsvetanov pada stasiun televisi TV7. Menurutnya, delegasi itu mulai menyatakan diri sebagai pejabat Hamas.

Menurut Hamas, ini adalah kali pertama delegasi mereka melakukan tur ke negara anggota Uni Eropa. Selama ini, Uni Eropa dan Amerika Serikat mencap Hamas sebagai organisasi teroris karena melakukan serangan ke Israel.

Uni Eropa mendesak Hamas untuk mengakui negara Israel, menghormati perdamaian, dan meninggalkan aksi kekerasan, jika ingin dihapus dari daftar teroris. Pada Januari 2012, para pejabat Hamas sempat mengunjungi Swiss, yang membuat marah pelobi Israel dan Yahudi di negara-negara lain.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)