Menlu Palestina: Kami siap untuk terlibat dalam proses perdamaian

Jum'at, 15 Februari 2013 - 08:00 WIB
Menlu Palestina: Kami...
Menlu Palestina: Kami siap untuk terlibat dalam proses perdamaian
A A A
Sindonews.com - Menteri Luar Negeri Palestina Riad al-Maliki mengatakan, Kamis (14/2/2013), bahwa Palestina bersedia dan siap untuk terlibat dalam proses perdamaian dengan Israel, jika negara Yahudi itu menunjukkan sikap serupa.

Al-Maliki membuat pernyataan pada konferensi pers setelah pertemuan pertama Konferensi Kerjasama antar Negara Asia Timur untuk Pembangunan Palestina (CEAPAD).

“Palestina sangat bersedia dan siap untuk terlibat dalam proses perdamaian dengan Israel. Namun, proses ini tergantung pada sikap Perdana Menteri, Israel Benjamin Netanyahu. Kami berharap bahwa dia akan menunjukkan kesiapan lebih untuk kembali terlibat ke dalam proses," kata al-Maliki.

Al-Maliki juga menaruh harapan pada perjalanan ke Timur Tengah yang akan dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan Menteri Luar Negeri AS John Kerry. Al-Maliki berharap kunjungan itu bisa menunjukkan kesediaan AS untuk mewujudkan proses perdamaian di Timur Tengah.

"Kami akan membuat momen ini berbeda dari yang sebelumnya. Semua tergantung pada kemauan pihak Israel untuk berkomitmen serius dalam proses negosiasi. Semuanya tergantung pada bagaimana sikap Israel," kata al-Maliki.

"Kami mengadakan pertemuan trilateral di New York dua tahun lalu, tapi tidak ada yang benar-benar terjadi," katanya, "Kami tidak benar-benar siap untuk mengulang berbagai jenis kegiatan, jika mereka tidak siap dengan niat baik," lanjutnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)