Pria bersenjata serang relawan medis di Nigeria

Jum'at, 08 Februari 2013 - 21:43 WIB
Pria bersenjata serang...
Pria bersenjata serang relawan medis di Nigeria
A A A
Sindonews.com - Sejumlah pria bersenjata yang mengendarai sepeda motor menembak mati 9 petugas kesehatan Nigeria yang tengah menjalankan program vaksinasi polio. Korban tewas dalam dua serangan terpisah di Kota Kano, Nigeria, Jumat (8/2/2013).

"Sejumlah pria bersenjata melepaskan tembakan ke sebuah pusat kesehatan di Distrik Hotoro dan menewaskan 7 orang,” kata Juru Bicara polisi Nigeria, Magaji Musa. Sementara 2 korban tewas lainnya berasal dari serangan yang terjadi di Zaria.

"Pada saat diserang, mereka bekerja untuk pemerintah negara bagian dengan memberikan vaksinasi polio," tambah Musa. Serangan mematikan ini mempengaruhi upaya Nigeria untuk membersihkan negara itu dari virus polio, virus yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan ini. Namun, kelompok militan Islam Boko Haram dituding berada di balik serangan ini. Tahun lalu, aksi Boko Haram telah menewaskan ratusan orang di negara yang memiliki umat Muslim dan Kristen sama banyaknya itu.

Kelompok ini dipandang sebagai ancaman paling serius bagi stabilitas di negara produsen energi utama di Afrika barat. Pemerintah Nigeria khawatir, negara itu bisa jadi markas bagi kelompok-kelompok teroris yang terkait dengan al-Qaeda.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0216 seconds (0.1#10.140)