Sejak 2004, pemburu liar sudah bantai 11 ribu gajah di Gabon

Rabu, 06 Februari 2013 - 22:51 WIB
Sejak 2004, pemburu liar sudah bantai 11 ribu gajah di Gabon
Sejak 2004, pemburu liar sudah bantai 11 ribu gajah di Gabon
A A A
Sindonews.com – Meningkatnya permintaan dari kawasan Asia dan Timur Tengah akan gading gajah Afrika, membuat pemburu liar di Gabon terus melakukan pembunuhan pada gajah-gajah di Taman Nasional Minkebe. Menurut Pemerintah Gabon, sejak 2004 sudah lebih dari 11 ribu gajah yang dibantai para pemburu liar tersebut.

Sebuah studi yang dilakukan oleh pemerintah Gabon bersama dengan advokasi Kelompok World Wildlife Fund dan Wildlife Conservation Society menemukan, bahwa dua pertiga dari gajah liar di Taman Nasional Minkebe telah tewas dibunuh para pemburu liar. Gajah di Minkebe jadi incaran, karena gading mereka lebih keras dan lurus dibanding gajah Afrika di tempat lain.

"Jika kita tidak membalikkan situasi ini dengan cepat, masa depan gajah di Afrika akan sangat mengkhawatirkan,” ujar Lee White, Sekretaris Eksekutif Badan Taman Nasional Gabon.

Pemburu Liar sering kali dipersenjatai dengan senapan kaliber besar dan gergaji untuk memotong gading. “Mereka memiliki kamp rahasia di dalam hutan untuk menghindari penyergapan penjaga Taman Nasional. Setelah memotong gading gajah, mereka meninggalkan bangkai gajah itu hingga membusuk,” sebut pernyataan Pemerintah Gabon, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (6/2/2013).

Seorang pejabat Taman Nasional Minkebe mengatakan, sebagian besar pemburu diyakini berasal dari negara tetangga Gabon, yakni Kamerun. Pemerintah Gabon mengaku telah mengerahkan helikopter militer dan ratusan tentara untuk melindungi gajah di Gabon.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6612 seconds (0.1#10.140)