Thailand tangkap 200 pengungsi Rohingya

Rabu, 30 Januari 2013 - 12:16 WIB
Thailand tangkap 200 pengungsi Rohingya
Thailand tangkap 200 pengungsi Rohingya
A A A
Sindonews.com - Polisi pantai Thailand menangkap sebuah perahu yang mengangkut ratusan pengungsi Rohingya Myanmar di perairan barat Pulau Phuket, Selasa, (29/1/2013).

Angkatan Laut Thailand mengatakan mereka telah menangkap sebanyak 200 orang pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar di Distrik Muang, Racha Noi, Phuket. Semua pengungsi kini dalam penahanan. Mereka juga mendapat bantuan makanan dan minuman.

Penangkapan tersebut terjadi sehari setelah Sekertaris Jendral Dewan Keamanan Nasional Thailand, Paradorn Pattanathabutr mengatakan bahwa pemerintah memutuskan melarang pengungsi Rohingya masuk ke Thailand. "Angkatan Laut Thailand mulai sekarang akan memperketat pengawasan mereka di wilayah perairan. Dengan demikian mereka tidak lagi dapat mendarat di Thailand," ungkap Pattanathabutr seperti dilansir Presstv.

Seperti diketahui, dalam beberapa bulan terakhir Thailand telah menjadi negara tujuan pelarian para pengungsi Rohingya. Saat ini sekitar 400 orang pengungsi yang terdiri dari 378 pria, 11 perempuan, dan 12 anak-anak tinggal di dalam tempat penampungan sementara di sebuah perkebunan di Provinsi Songkhla. Mereka menolak untuk kembali ke Myanmar karena mereka tak menghadapi penyiksaan, penelantaran, dan penindasan oleh ekstrimis Myanmar yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Thailand bukan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang menolak menerima pengungsi Rohingya. Desember tahun lalu, Singapura juga sempat menolak meberikan izin masuk puluhan warga Rohingya yang dibawa oleh sebuah kapal dari Vietnam. Pihak Singapura saat itu menyatakan mereka tidak bisa memberikan izin masuk bagi pengungsi yang identitasnya tidak jelas. Salah satu negara Asia Tenggara yang mau menerima pengungsi Rohingya adalah Malaysia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.9472 seconds (0.1#10.140)