Rusia: Iran & kekuatan dunia harus berhenti bertengkar

Senin, 28 Januari 2013 - 21:21 WIB
Rusia: Iran & kekuatan dunia harus berhenti bertengkar
Rusia: Iran & kekuatan dunia harus berhenti bertengkar
A A A
Sindonews.com – Rusia meminta Pemerintah Iran dan kekuatan dunia lainnya untuk berhenti bersikap seperti anak kecil dan harus segera menyetujui tanggal dan tempat untuk pembicaraan baru mengenai program nuklir Iran. Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Menteri Sergei Lavrov, Senin (28/1/2013).

“Mereka harus berhenti berperilaku seperti anak kecil dan mulai bekerja,” kata Lavrov, seperti dikutip dari Reuters. Sejumlah pejabat Eropa telah menuduh Teheran mengulur-ulur waktu pertemuan dengan negara anggota P5+1, yakni Amerika Serikat (AS), China, Rusia, Perancis, Inggris dan Jerman.

Tiga putaran pembicaraan tahun lalu antara Iran, IAEA, dan P5+1 tidak menghasilkan terobosan apapun. Hal ini meningkatkan spekulasi soal ancaman penyerangan yang dilontarkan Israel pada instalasi nuklir Iran.

Rusia sendiri mengaku memiliki kesamaan visi dengan AS soal masalah nuklir Iran, tetapi berbeda pada pendekatan khusus untuk masalah ini. Menurut Juru Bicara Pemerintah Rusia, Dmitry Peskov , Rusia hanya menerima cara diplomatik dan politik dalam berurusan dengan Teheran dan menolak sanksi bagi Iran.

"Kami masih memiliki ruang untuk kegiatan diplomatik dan kemudian kita masih harus menggunakan pengaruh bersama kami untuk melanjutkan dialog dengan Iran. Diplomasi adalah lebih baik," Kata Peskov.

Pejabat itu mencatat, Moskow berharap Iran akan berperilaku secara timbal balik. "Kami berharap untuk pemahaman timbal balik dari mitra kami Iran, yang pasti akan mengambil sikap kooperatif," lanjutnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6089 seconds (0.1#10.140)