KBRI Rabat berhasil selesaikan kasus-kasus WNI di Maroko

Rabu, 23 Januari 2013 - 18:37 WIB
KBRI Rabat berhasil selesaikan kasus-kasus WNI di Maroko
KBRI Rabat berhasil selesaikan kasus-kasus WNI di Maroko
A A A
Sindonews.com - Sepanjang 2012 silam, KBRI Rabat telah berhasil menyelesaikan sekitar 20 kasus WNI yang bekerja di Maroko. Keberhasilan itu tidak luput dari kerjasama yang baik antara KBRI dengan instansi terkait di Maroko. Para WNI pun berhasil dipulangkan kembali ke tanah air, setelah seluruh hak-haknya diperoleh dari majikannya.

Seperti dikutip dari situs Kemlu RI, Rabu (23/1/2013), para WNI yang tidak memiliki dokumen kerja resmi itu pada umumnya didatangkan oleh oknum penyalur jasa TKI tidak resmi di Indonesia dengan menggunakan visa wisatawan dan mengiming-imingi gaji yang besar.

Setelah sempat bekerja sebagai pembantu rumah tangga, banyak di antara mereka yang menghadapi berbagai permasalahan, sehingga melarikan diri dari majikannya. Permasalahan yang dihadapi para WNI ini antara lain gaji yang tidak dibayar, tidak dibuatkan izin tinggal, hingga beban kerja yang berat.

Hingga saat ini, Pemerintah Maroko tidak membuka peluang bagi Tenaga Kerja Asing Tidak Terampil untuk bekerja di wilayah Maroko. Sehingga, bila terdapat Warga Negara Asing yang ‘kedapatan’ bekerja di bidang informal, maka akan dianggap melakukan pelanggaran di bidang keimigrasian.

KBRI Rabat senantiasa menghimbau agar pihak-pihak di Indonesia maupun di Maroko tidak mendatangkan Tenaga Kerja Tidak Terampil ke Maroko dan agar WNI yang datang ke Maroko dapat mematuhi peraturan Pemerintah Maroko dengan tidak menjadi Tenaga Kerja illegal.

Lebih lanjut KBRI Rabat akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait di Indonesia dan Maroko agar kasus-kasus serupa tidak terjadi dimasa-masa yang akan datang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6656 seconds (0.1#10.140)