Sebelum bacakan sumpah, Obama singgah ke taman makam pahlawan

Senin, 21 Januari 2013 - 10:34 WIB
Sebelum bacakan sumpah, Obama singgah ke taman makam pahlawan
Sebelum bacakan sumpah, Obama singgah ke taman makam pahlawan
A A A
Sindonews.com - Sebelum mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama dan Joe Biden bersama-sama mengunjungi Arlington National Cemetery, Taman Makam Pahlawan AS, Minggu (21/2/2013).

Setibanya di Arlington, keduanya meletakan karangan bunga besar yang dihiasi pita merah, putih, dan biru, tiga warna dalam bendera AS. Keduanya lantas meletakan tangan di dada, sebagai pertanda dimulainya mengheningkam cipta untuk para pahlawan AS yang telah tiada.

Arlington merupakan tempat peristirahatan terakhir bagi mereka yang aktif dalam tugas militer, presiden, dan warga AS terkemuka lainnya. Di sana para tentara AS yang berjasa mendapatkan serangkaian penghormatan terakhir. Tidak hanya mendapatkan tembakan senapan kehormatan, pemakaman mereka juga diiringi sebuah peleton kehormatan dan barisan musik Angkatan Darat AS. Sementara jasad tentara yang diletakan dalam sebuah peti jenazah berbalut bendera AS, diangkut oleh regu tentara berkuda berpenampilan apik.

Usai mengunjungi Arligton, Obama dan Biden lalu membacakan sumpah jabatan secara terpisah. Obama kembali ke kediamanya di Gedung Putih, sementara Biden menuju Naval Observatory, wilayah barat Washington.

Sebelum kembali ke Gedung Putih, Obama menyempatkan diri untuk hadir dalam kebaktian Martin Luther di Gereja Metropolitan African Methodist Episcopal. Di sana, asisten pendeta memberkati Obama dengan seuntai doa. "Semoga tuhan mempersiapkan Obama untuk berperang, karena terkadang musuh bersikap keras dan melakukan hal yang keras," ungkap Pendeta Jonathan V. Newton.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6481 seconds (0.1#10.140)