India akan lakukan pembicaraan bertahap dengan Pakistan

Sabtu, 19 Januari 2013 - 21:20 WIB
India akan lakukan pembicaraan bertahap dengan Pakistan
India akan lakukan pembicaraan bertahap dengan Pakistan
A A A
Sindonews.com – Pemerintah India mengaku tidak akan terburu-buru dalam melakukan pembicaraan dengan Pakistan soal ketegangan di wilayah Kashmir. Pemimpin Partai Kongres India, Sonia Gandhi menyatakan, bahwa dialog dengan negara tetangga terdekat India itu harus didasarkan pada prinsip-prinsip yang bisa diterima.

"Hubungan yang lebih baik dan lebih dekat dengan negara tetangga kita itu tidak hanya akan membuat perdamaian regional, namun juga akan memiliki dampak positif pada beberapa negara bagian kita sendiri di wilayah perbatasan," ujar Gandhi, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (18/1/2013).

“Dialog harus didasarkan pada prinsip-prinsip yang diterima dari perilaku beradab. Kita tidak akan pernah kompromi soal kesiapan untuk menghadapi terorisme dan ancaman di perbatasan kami," lanjut Gandhi.

Ungkapan senada dilayangkan Menteri Luar Negeri India, Salman Khurshid dalam menanggapi ajakan dialog dari Menlu Pakistan, Hina Rabbani Khar.

"Mari kita tidak terburu-buru masuk ke dalam materi dialog. Langkah demi langkah perundingan langsung antara negara tidak muncul dalam sekejap. Anda harus bekerja secara bertahap,” kata Khurshid.

Dalam beberapa pekan terakhir, ketegangan di wilayah Kashmir meningkat, setelah tewasnya tentara dari kedua belah pihak. Dua tentara Pakistan tewas, begitu juga dengan India. Kedua negara saling menyalahkan atas tewasnya para tentara ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5408 seconds (0.1#10.140)