India batalkan pemberian visa on arrival bagi warga Pakistan

Selasa, 15 Januari 2013 - 20:36 WIB
India batalkan pemberian visa on arrival bagi warga Pakistan
India batalkan pemberian visa on arrival bagi warga Pakistan
A A A
Sindonews.com - Pemerintah India menghentikan program baru yang memungkinkan warga pensiunan Pakistan untuk mendapatkan visa pada saat kedatangan di perbatasan India.

Menteri Dalam Negeri India, R.K. Singh mengatakan kepada wartawan, skema yang dirancang untuk mengeluarkan visa on arrival bagi warga manula Pakistan, telah ditunda sampai pemberitahuan lebih lanjut.

"Beberapa poin harus diatur ulang. Bahwa masih ada masalah teknis dan dokumen yang diperlukan. Kami akan berlakukan kebijakan itu, setelah berkonsultasi dengan instansi lain," kata Singh, Selasa (15/1/2013), seperti dikutip dari Online New Age.

Kesepakatan soal visa on arrival itu diputuskan bulan lalu, ketika Menteri Dalam Negeri India dan Pakistan bertemu di New Delhi dan memutuskan untuk melembagakan langkah-langkah guna membuat perjalanan lintas perbatasan menjadi lebih mudah.

Perjanjian baru itu memungkinkan warga Pakistan berusia di atas 65 tahun untuk mendapatkan visa on arrival di perbatasan darat Attari-Wagah yang membagi wilayah Punjab. Para warga Pakistan itu mendapatkan visa sekali masuk dengan jangka waktu hingga 45 hari.

Seorang petugas bea cukai di perbatasan India, yang menolak menyebutkan namanya, mengatakan, bahwa proses visa on arrival telah dimulai. Namun, ia menolak memberi informasi apakah ada warga Pakistan yang telah memanfaatkan fasilitas ini.

Ketegangan di wilayah Kashmir, yang berujung pada tewasnya prajurit di kedua belah pihak, jadi penyebab utama penundaan kebijakan visa on arrival ini. Baik Pakistan maupun India saling menyalahkan atas jatuhnya korban tewas di wilayah Kashmir.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5789 seconds (0.1#10.140)