Lagi, India dituding bunuh seorang tentara Pakistan

Kamis, 10 Januari 2013 - 23:32 WIB
Lagi, India dituding bunuh seorang tentara Pakistan
Lagi, India dituding bunuh seorang tentara Pakistan
A A A
Sindonews.com – Ketegangan antara India dan Pakistan kian memuncak. Kamis (10/1/2013), Pakistan kembali menuduh India telah membunuh seorang tentara Pakistan yang bertugas di sepanjang Garis Pengawasan perbatasan de facto antara kedua negara di wilayah Kashmir yang disengketakan.

"Seorang tentara Pakistan, Prajurit Havildar Mohyuddin tewas karena penembakan tak beralasan oleh pasukan India di sektor Battal Hotspring pada Kamis siang," kata pernyataan militer Pakistan, seperti dikutip dari Xinhua.

Ini adalah tentara Pakistan kedua yang tewas akibat penembakan militer India dalam kurun lima hari terakhir. Sebelumnya, India menuduh pasukan Pakistan telah membunuh dua tentara India. Salah satu tentara India yang tewas itu dipenggal kepalanya.

Baik India maupun Pakistan sama-sama membantah telah melakukan serangan dan membunuh tentara pihak lain. Menteri Luar Negeri Pakistan, Hina Rabbani Khar, membantah klaim India dan mengatakan bahwa Pakistan ingin pihak ketiga untuk melakukan penyelidikan atas pelanggaran gencatan senjata di sepanjang Garis Pengawasan.

Khar mengatakan pada konferensi pers di Islamabad, bahwa Pakistan juga telah menghubungi Kelompok PBB Observer militer India dan Pakistan (UNMOGIP) dan mengusulkan dilakukan investigasi soal pelanggaran perbatasan.

"Pakistan mematuhi gencatan senjata dan mengikuti mekanisme untuk menangani jenis isu seperti ini," kata Khar. Laporan dari India mengatakan, bahwa New Delhi telah menolak tawaran Pakistan untuk mencari penyelidikan di bawah investigasi PBB.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5841 seconds (0.1#10.140)