Cabello serukan reli besar untuk Chavez

Rabu, 09 Januari 2013 - 17:10 WIB
Cabello serukan reli besar untuk Chavez
Cabello serukan reli besar untuk Chavez
A A A
Sindonews.com – Ketua Majelis Nasional Venezuela Diosdado Cabello menyerukan digelarnya sebuah reli besar di Caracas pada Kamis (10/1) waktu setempat, sebagai dukungan bagi Presiden Hugo Chavez yang tengah sakit.

Reli digelar tepat di hari di mana Chavez seharusnya mengambil sumpah untuk masa jabatan enam tahun ke depan. Chavez telah menjalani operasi kankernya yang keempat di Havana, Kuba, sebulan yang lalu,dan menderita komplikasi infeksi paru yang parah hingga menyebabkan infeksi pernapasan. Akibat sakit itu, Chavez diperkirakan tidak bisa menghadiri upacara pelantikannya pada hari ini.

Pemerintah telah memutuskan menunda pelantikan, meski konstitusi menyatakan, jika presiden terpilih meninggal atau tidak dapat menghadiri upacara pelantikannya pada 10 Januari, maka pemilu baru harus digelar dalam 30 hari.

“Semua warga Venezuela akan datang ke depan istana kepresidenan,Miraflores,mendukung presiden kita Comandante Chavez dengan cara yang luar biasa,” kata Cabello dikutip AFP.

Laporan menyebutkan,apa yang akan terjadi pada hari Kamis (10/1) mendatang masih diselimuti keraguan. Senin (7/1) malam Menteri Informasi Ernesto Villegas mengatakan, kondisi kesehatan Chavez masih tetap sama karena komplikasi dari operasi terakhir. Pada Desember 2012 lalu, Chavez terbang ke Kuba untuk menjalani operasi kanker. Pascaoperasi keempat itu, dia mengalami komplikasi.

Seorang tokoh oposisi utama pada hari Minggu (6/1) telah menyerukan demonstrasi jika pemerintah melewatkan tanggal 10 Januari tanpa mengambil sumpah jabatan Chavez. Oposisi menegaskan, berdasarkan konstitusi, periode presiden saat ini berakhir pada 10 Januari mendatang dan pemerintahan baru tidak dapat bekerja kecuali Chavez hadir dalam pengambilan sumpah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4156 seconds (0.1#10.140)