Masih sakit, pelantikan Chavez ditunda

Sabtu, 05 Januari 2013 - 18:13 WIB
Masih sakit, pelantikan Chavez ditunda
Masih sakit, pelantikan Chavez ditunda
A A A
Sindonews.com - Lima hari jelang pelantikan presiden Venezuela, Wakil Presiden Venezuela Nicolas Maduro angkat bicara. Presiden terpilih, Hugo Chavez dinyatakan akan menunda pelantikan akibat masalah kesehatan.

Maduro mengatakan bahwa hal ini bisa dilakukan. Pemimpin yang sakit, kata Maduro, dapat melakukan pengambilan sumpah jabatan dikemudian hari tanpa harus menyerahkan kekuasan tersebut pada seorang presiden sementara.

"Upacara mengambilan sumpah jabatan dapat dilakukan di kemudian hari sementara proses formal pengangakatan sumpah ini dapat diselesaikan oleh pihak Mahkamah Agung," ungkap Maduro dalam sebuah wawancara dengan TV pemerintah Venezuela.

Maduro dengan keras menolak desakan yang datang dari kelompok oposisi Venezuela. Pihak oposisi menyatakan bahwa presiden yang sakit harus meyerahkan kursi keuasaanya pada Majelis Nasional.

"Konstitusi yang berlaku di Venezuela memberikan fleksibilitas atas formalitas upacara pelantikan presiden," terang Maduro.

Upacara pengambilan sumpah jabatan Presiden Venezuela yang semula dijadwalkan pada 10 Januari mendatang. Namun, jika melihat kondisi Chaves yang masih kesulitan bernafas normal akibat infeksi pernapasan, pelantikan itu dapat dipastikan akan ditunda.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4979 seconds (0.1#10.140)