Oposisi Suriah tembak helikopter pemerintah

Kamis, 18 Oktober 2012 - 20:27 WIB
Oposisi Suriah tembak helikopter pemerintah
Oposisi Suriah tembak helikopter pemerintah
A A A
Sindonews.com - Pasukan oposisi Suriah yang menyebut dirinya Free Syrian Army (FSA), menembak jatuh sebuah helikopter pasukan Pemerintah Suriah. Peristiwa ini terjadi di saat FSA berupaya untuk merebut kembali wilayah kota Aleppo.

Menurut laporan, pasukan FSA menembak jatuh helikopter tempur yang biasa digunakan oleh pasukan Pemerintahan Presiden Bashar al-Assad. Helikopter tersebut ditembak tepat di atas wilayah Maaret al-Numan, yang kini diperebutkan oleh pasukan FSA dengan Pemerintah Suriah.

Lewat video amatir memperlihatkan sebuah helikopter yang tampak terbang memutar dan kemudian terjatuh, ketika warga meneriakkan "Allahu Akbar". Helikopter yang ditembak itu, diperkirakan tengah berupaya menyerang blokade yang didirikan FSA di sebuah jalan raya di kota Maarhtat.

Insiden terakhir membuktikan bahwa kondisi di Suriah jauh dari upaya perdamaian. Menjelang Hari Raya Idul Adha, kata gencatan senjata masih belum disepakati oleh kedua belah pihak. Hal ini tidak lepas dari anggapan pemerintah bahwa dari FSA tidak ada sosok pemimpin yang jelas.

Sementara utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Liga Arab Lakhdar Brahimi memperingatkan, konflik di Suriah bisa memicu terjadinya ketegangan di kawasan Timur Tengah. Brahimi mengkhawatirkan konflik ini bisa menjalar hingga ke Lebanon.

"Krisis ini harus segera diselesaikan di wilayah Suriah. Entah harus diselesaikan atau akan bertambah parah dan menjalar ke kawasan lain," tegas Brahimi, seperti dikutip Israel National News, Kamis (18/10/2012)

Brahimi menambahkan, sedianya gencatan senjat menjelang Hari Raya Idul Adha bisa menjadi pembuka jalan perdamaian di Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5509 seconds (0.1#10.140)