Kedatangan Merkel picu bentrok di Athena

Selasa, 09 Oktober 2012 - 20:11 WIB
Kedatangan Merkel picu bentrok di Athena
Kedatangan Merkel picu bentrok di Athena
A A A
Sindonews.com – Kedatangan Kanselir Jerman, Angela Merkel ke Athena, Yunani, Selasa (9/10/2012), menimbulkan gelombang unjuk rasa di Athena. Seperti diberitakan news.sky.com, puluhan ribu orang turun ke jalan-jalan utama di kota Athena, menolak kehadiran Merkel.

Bentrokan antara polisi Yunani dengan para demonstran tak terhindarkan. Guna membubarkan pengunjuk rasa, polisi menembakkan gas air mata pada demonstran membalasnya dengan lemparan batu dan bom molotov. Gelombang demonstrasi ini jadi yang tersbesar dalam beberapa bulan terakhir.

Aksi unjuk rasa besar-besaran ini sudah diduga sebelumnya. Karena itu, tak kurang dari 7.000 polisi, agen rahasia, dan penembak jitu dikerahkan untuk mengamankan kunjungan Merkel yang hanya berlangsung selama 7 jam itu. Ini adalah pengerahan pasukan terbesar untuk seorang tamu negara, sejak Presiden AS, Bill Clinton mengunjungi Athena pada 1999 silam.

Para pengunjuk rasa menuding, Merkel adalah tokoh utama yang harus bertanggung jawab atas penghematan yang dilakukan Pemerintah Yunani, yang menyebabkan melonjaknya jumlah pengangguran di negara itu. Jerman merupakan negara yang memberikan bantuan dana paling besar untuk membantu Yunani.

Dengan posisi tersebut, maka Merke bisa meminta Yunani untuk melakukan pengetatan anggaran sebagai bagian pertukaran dari bantuan keuangan yang mereka terima. Sebelum kunjungannya, Merkel sempat mengatakan, bahwa dia tahu langkah-langkah penghematan ini akan terasa pahit.

"Ini sangat pahit, jelas butuh pengorbanan. Tapi, saya pikir ini adalah langkah yang harus diambil. Tidak mudah bagi siapa saja untuk menerapkan langkah-langkah ini,” katanya. Merkel adalah kanselir Jerman pertama yang mengunjungi Yunani dalam beberapa dasawarsa terakhir ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5643 seconds (0.1#10.140)