Gembong kartel narkoba Meksiko terbunuh

Selasa, 09 Oktober 2012 - 15:37 WIB
Gembong kartel narkoba Meksiko terbunuh
Gembong kartel narkoba Meksiko terbunuh
A A A
Sindonews.com - Heriberto Lazcano, pimpinan kartel Zetas, dilaporkan terbunuh dalam sebuah baku tembak dengan pasukan marinir Meksiko. Baku tembak terjadi di perbatasan Utara negara bagian Coahuila, Selasa (9/10/2012). Seperti dikutip dari the telegraph, kuat dugaan salah satu jenazah dari dua korban yang terbunuh dalam baku tembak ini adalah Lazcano.

"Informasi yang diperoleh setelah dilakukan tes forensik pertama dan menghasilkan indikasi yang menunjukkan bahwa salah satu jenazah adalah Lazcano. Namun, tetap akan dilakukan tes forensik lebih lanjut untuk memastikan identitas jenazah ini,” sebut pernyataan resmi Angkatan Laut Meksiko.

Kematian Lazcano jadi kemenangan besar bagi penegak hukum Meksiko. Sebab, Lazcano yang dijuluki ‘El Verdugo’, yang artinya algojo, diduga terlibat serangkaian aksi kejahatan sadis dan pembunuhan ratusan orang. Satu di antaranya adalah pembunuhan Francisco Ortiz Franco, editor Crusading Weekly Newspaper di Tijuana. Franco ditembak mati di depan dua anaknya yang masih kecil, saat ia meninggalkan klinik.

Ada hadiah jutaan USD bagi siapa pun yang bisa memberi informasi soal keberadaan Lazcano. Pemerintah AS menyediakan USD 5 juta, sedangkan Pemerintah Meksiko menyiapkan USD 2,3 juta. Di bawah kepemimpinan Lazcano, kartel Zetas melakukan banyak perekrutan anggota baru. Sebagian besar dari mereka adalah mantan tentara Meksiko.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6852 seconds (0.1#10.140)