Pesawat militer Sudan jatuh, 13 tewas

Minggu, 07 Oktober 2012 - 20:20 WIB
Pesawat militer Sudan jatuh, 13 tewas
Pesawat militer Sudan jatuh, 13 tewas
A A A
Sindonews.com –Sebuah pesawat militer Sudan jatuh di Jebel Aulia, sebelah Selatan Ibu Kota Sudan, Khartoum, Minggu (7/10/2012). Seperti dikutip dari aljazeera.com, setidaknya 13 personel militer Sudan tewas dalam bencana ini. Sementara 9 orang lainnya menderita luka-luka.

Menurut juru bicara militer Sudan, Sawarmi Khalid Saad, selain mengangkut personel militer, pesawat itu juga membawa peralatan militer. “13 orang meninggal seketika, sementara 9 lainnya dibawa ke rumah sakit. Sebelum jatuh, pilot sempat memberitahukan bahwa ada masalah dengan salah satu mesin pesawat,” jelas Saad.

Pesawat itu sendiri sedang dalam perjalanan dari Khartoum menuju ke El Fasher, Darfur, sebuah daerah yang tengah porak poranda akibat perang bersaudara. Pasukan pemerintah Sudan memang tengah memerangi pemberontakan yang berkobar di Darfur. Pemberontakan terjadi sejak 2003 silam.

Beberapa tahun terakhir ini, kerap terjadi kecelakaan pesawat di Sudan. Hal ini terkait sanksi yang dijatuhkan AS, yang membuat pesawat-pesawat di Sudan kesulitan untuk mendapatkan suku cadang.

Pada Agustus lalu, 32 orang tewas akibat kecelakaan pesawat di Sudan. Salah satu korban tewas adalah menteri dalam kabinet pemerintahan Sudan. Media pemerintah menyalahkan cuasca buruk atas terjadinya peristiwa itu. Sedangkan pada Desember 2011, sebuah helikopter militer Sudan juga diberitakan jatuh.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5412 seconds (0.1#10.140)