AS pulangkan 33 ribu tentara dari Afganistan

Jum'at, 21 September 2012 - 14:25 WIB
AS pulangkan 33 ribu tentara dari Afganistan
AS pulangkan 33 ribu tentara dari Afganistan
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 33 ribu tentara Amerika Serikat (AS) yang ditugaskan oleh Presiden AS, Barack Obama untuk meningkatkan keamanan di Afghanistan telah kembali ke AS.

Menteri Pertahanan AS Leon Panetta mengatakan Gelombang penarikan itu tidak bertujuan membalikan momentum Taliban ke medan perang dan dan secara dranatis meningkatkan ukuran dan kemampuan pasukan keamanan Afghanistan.

Panetta yakin bahwa langkah ini untuk memyempurnakan tujuan AS di Afghanistan. "Penarikan pasukan ini akan menjadi tonggak yang sangat penting," imbuh Panetta seperti dilansir Washintonpost, Jumat (21/9/2012).

Panetta mengatakan Komandan AS di Afghanistan, Jendral Jhon Allen, mengatakan pasukan AS telah menyelesaikan misi di Afghanistan.

Kini pasukan AS di zona perang Afghanistan hanya tersisa 68 ribu orang, sementara pasukan pasukan North Atlantic Treaty Organization (NATO) untuk bantuan keamanan (ISAF) jumlahnya mencapai 40 ribu orang.

Rencana penarikan mundur pasukan AS dari Afghanistan dimulai sejak Juli lalu pasca penembakan pasukan AS oleh oknuk yang mengunakan seragam pasukan Afghanistan.

Pasca penarikan pasukan AS di Afghanistan pertanyaan tentang strategi inti NATO unttuk melatih pasukan Afghanistan mengambil alih tugas penjagaan keamanan paska penarikan semua pasukan asing pada 2014 mendatang.

Jumlah pasukan AS mencapai puncaknya di Afghanistan pada 2011 lalu, saat itu tercatat 101 personil AS bertugas disana. Peningkatan jumlah pasukan AS di Afghanistan bertujuan untuk memastikan agar wilayah tersebut tidak menjadi tempat yang aman bagi Taliban sekaligus mengajak kelompok garis keras tersebut kembali kemeja perundiangan dengan pemerintah Afghanistan.
(aww)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5661 seconds (0.1#10.140)