Desa di India larang nikah atas cinta

Jum'at, 13 Juli 2012 - 20:18 WIB
Desa di India larang nikah atas cinta
Desa di India larang nikah atas cinta
A A A
Sindonews.com - Pernikahan umumnya menjadi momen untuk menyatukan tujuan hidup dan menghabiskan sepanjang hidup bersama. Alasan utama melangkah ke jenjang pernikahan, apalagi kalau bukan karena cinta. Namun, sebuah desa di India, Desa Asara di daerah Uttar Pradesh, jusru melarangnya.

Apa peraturan itu bisa dilanggar? Bisa saja, tapi perangkat desa tidak membolehkan pasangan yang kasmaran itu untuk tinggal di desa. Masyarakat setempat akan langsung mengusir mereka dari desa tersebut.

Selain melarang pernikahan karena cinta, masyarakat di sana juga memberlakukan serangkaian pembatasan terhadap perempuan. Yakni, wanita di bawah 40 tahun dilarang belanja sendirian dan menggunakan ponsel. Kemudian memerintahkan para perempuan untuk menutup kepala saat berada di luar rumah.

Alasan perangkat desa, peraturan itu dibuat untuk melindungi kaum perempuan dari kasus-kasus pelecehan di Desa Asara.

Peraturan yang sangat mengekang ini tentu jauh dari gaya hidup moderen yang sedang melanda India. Padahal, Desa Asara berada di Distrik Baghpat, jaraknya sekitar 40 kilometer (25 mil) dari Ibu Kota India, Delhi. Seperti dikutip dari BBC, Jumat (13/7/2012).

Peraturan aneh ini tentu membuat tanda tanya. Namun selidik punya selidik, ternyata peraturan didasarkan dari jumlah perempuan di India yang lebih sedikit dibanding jumlah laki-laki.

Berdasarkan data Pemerintah India pada 2011, perbandingan antara anak perempuan dan anak laki-laki di negara itu cukup tinggi. Hanya ada sekitar 877 perempuan untuk setiap 1.000 anak laki-laki.

Meskipun jumlah perempuan secara keseluruhan membaik, rasio gadis-gadis muda untuk anak laki-laki di India merupakan salah satu yang terburuk di dunia setelah China. Banyak faktor yang mempengaruhi rasio itu, antara lain pembunuhan bayi, penyiksaan fisik, dan penelantaran anak-anak gadis.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2765 seconds (0.1#10.140)